Manfaat buah dan sayur bagi kesehatan tentu telah begitu terbiasa ditelinga kita. Namun, pernahkah Anda mendengar penggunaan jus buah dan sayur sebagai terapi atau pengobatan berbagai penyakit? Pasti hampir semua suka dengan jus atau sari buah, selain segar dan nikmat pastinya menyehatkan, Jus merupakan salah satu cara untuk menikmati buah dan sayuran agar terasa lebih nikmat dan asyik serta menyenangkan tanpa kehilangan manfaat dari vitamin-vitamin yang terkandung.

Setelah Anda membuat jus, ternyata tidak dibutuhkan banyak sarana untuk membuat jus buah atau jus sayuran, Anda cukup membeli alat buat jas dan langxung dapat mulai membuatnya. Anda juga harus belajar bagaimana memilih buah dan sayuran yang bagus untuk dijus. Jus sehat sebaiknya dibuat seketika dan segera diminum. Untuk mendapatkan manfaat yang terbaik nutrisi buah dan sayuran, jus disarankan diminum ketika kosong.

Buah-buahan dan sayuran juga mengandung zat-zat yang bereaksi sama dengan vitamin, sebagai katalisator berbagai proses tubuh. Ada pun zat-zat yang digolongkan ke dalam zat yang menyerupai vitamin adalah kolin, karnitin, koenzim Q10, dan inositol.

Serat yang tidak larut dalam air umumnya berbentuk selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat sejenis ini tidak dapat larut dalam air, tetapi mempunyai kemampuan untuk berikatan dengan air. Hal ini menguntungkan bagi tubuh karena dapat memengaruhi peningkatan ukuran berat, dan melunakkan feses sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu serat juga dapat menghindari terjadinya konstipasi atau sembelit.

Serat jenis larut dalam air ini mempunyai kemampuan larut dalam air dan merupakan bagian dari dinding sel tanaman yang mudah larut dalam air. Selain itu, serat ini juga berperan dalam mencegah konstipasi. Di dalam lambung dan saluran pencernaan, serat jenis ini akan membentuk jel sehingga akan membentuk volume yang besar dan cepat membuat kenyang.

Page 1 of 12