Afrika

Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia, wilayahnya mencakup sepelima luas daratan bumi, benua afrika dihuni oleh 53 negara. Enam di antaranya merupakan Negara kepulauan.

Afrika merupakan benua terpanas di dunia. Bentang alam benua ini berupa hutan hujan dan padang rumput (sabana) yang dihuni oleh beragam jenis binatang. Sepertiga wilayah daratan Afrika ditutupi oleh Gurun Sahara yang merupkan gurun terlulas di dunia.

 

DATARAN TINGGI DAN RENDAH

Bentang lahan Afrika terdiri atas plato, yaitu daratan rata yang berada jauh di atas permukaan laut. Plato di Afrika Timur di pecah oleh dua gunung api, yaitu Gunung Kilimanjaro di Tanzania, serta oleh lembah retak raya. Lembah ini merupakan retakan pada kulit bumi yang melintas mozambik, terus ke Afrika Timur, Laut merah sampai kebagian barat-daya Asia. Dasar-dasar lembah ditandai dengan lahan perairan danau. Bentang lahan yang spektakuler dari benua ini ialah sungai Nil dan danau Tanganyika.

 

PANAS DAN KERING

Karena dilintasi oleh khatulistiwa, sebagian besar daerah kawasan Afrika beriklim sangat panas. Suhu tertinggi yang pernah dicatat terjadi di Libya pada tahun 1932, yaitu mencapai 58 C. Wilayah tropis Afrika, yaitu daerah disekitar khatulistiwa, memperoleh curah hujan yang sangat langka. Lebih dari setengah wilayah benua Afrika menerima curah hujan kurang dari 500 mm pertahun.

 

HUTAN HUJAN DAN SABANA

Dibeberapa wilayah yang lain disekitar khatulistiwa, terutama di Afrika Barat dan Tengah, curah hujan yang tinggi memungkinkan hutan hujan dapat tumbuh. Monrovia, ibukota Liberia menerima curah hujan rata-rata 5.140 mm per tahun. Di antara hutan hujan dan wilayah gurun terdapat padang rumput tropis atau sabana yang sangat luas.

 

SURGA FAUNA

Gorila, simpanse, monyet, macan tutul, bunglon, dan banyak jenis burung tropis hidup di hutan-hutan Afrika. Sementara itu, buaya dan kuda nil dapat dijumpai berkubang di sungai dan danau. Gajah, antelop, zarafah, wildebeest, dan zebara berkelana di padng rumput bersama dengan pemangsa-pemangsa buas, seperti singa dan citah. Namun, Selama sekian waktu, kekayaan fauna ini terancam oleh penghancuran habitat asli oleh manusia. Dihuni oleh beragam spesies dilindungi dan dijadikan sebagai taman nasional. Suaka margasatwa yang sangat menakjubkan dan menarik banyak peneliti serta wisatawan kini menjadi salah satu daya tarik Afrika.

 

HASIL PERTANIAN DAN MINERAL

The, kakao, kapas, pisang, kopi, Kacang tanah, karet, dan gula merupakan hasil pertanian utama di banyak wilayah di Afrika. Hasil hutan, antara lain, berupa kayu mahoni dan walnut. Bahan-bahan mineral yang ditambang untuk ekspor berupa intan, emas, bauksit (bijiih alumunium), bijih besi, dan tembaga. Sedangkan bahan bakar minyak diekspor dari Negara Gabon, Libya, dan Nigeria.

 

PENDUDUK DAN BAHASA

Banyak penduduk Afrika hidup di pedesaan dengan menjalankan budaya mereka sendiri-sendiri. Di wilayah bagian selatan Gurun Sahara, terdapat lebih dari 1.000 bahasa yang digunaka. Batas-batas wilayah Negara tidak ikut menyumbang banyak atas keragaman suku bangsa yang dimiliki, di mana dalam suatu Negara bisa terdapat banyak suku.

 

AGAMA

Sebagian besar penduduk di Afrika bagian utara merupkan bangsa Arab dan Barber yang menggunakan bahasa Arab dan beragam muslim. Sementar itu, sebagian besar penduduk di afrika bagian selatan merupakan bangsa Afrika kulit hitam. Meskipun sebagian besar pendduk Afrika sudah beragam Islam dan Kristen, tradisi-tradisi lokal kuno masih berkembang. Lebih dari seperempat penduduk Afrika masih menganut kepercayaan lokal.

 

ZAMAN KUNO

Banyak ilmuan percaya bahwa Afrika merupakan benua pertama tempat makhluk hidup untuk pertama kalinya berevolusi, yaitu sekitar dua sampai empat juta tahun yang lalu.sekitar 10.000 tahun yang lalu, Gurun Sahara beriklim lembap. Ini juga dapat berarti bahwa ada banyak orang bermukim disana, mereka berburu binatang dan mengumpulkan tumbuhan liar sebagai bahan pangan. Kemudian, mereka mulai bercocok tanam dan memelihara ternak.

 

MESIR KUNO DAN ISLAM

Sekitar 3100 SM, Mesir kuno, salah satu peradaban tua terbesar di dunia, muncul di mesir, yaitu di Afrika bagian utara. Pada tahun30 SM, wilayah Mesir Kuno menjadi bagian dari kekaisaran Romawi. Kemudian, bangsa Arab menaklukan Mesir pada abad ke-7 M. Setelah itu, banayak penduduk Mesir yang mulai menganut agam islam.

 

KERAJAAN BESAR

Selama barabad-abad, orang di luar Afrika hanya tahu sedikit tentang benua di sebelah selatan Sahara ini. Antara tahun 1100 dan 1500, bangsa Arab yang berdagang emas, gading, serta budak membawa berita baru tentang imperium-imperium besar di Afrika Barat, seperti Ghana, Mali, Benin, Songhai, dan Kanem. Kerajaan seperti Benin yang didirikan sekitar 900 M, menghasilkan patung-patung itu melambangkan aspek-aspek magis dari obas (raja) Benin. Banyak kerajaan juga bermunculan di selatan, seperti kota batu raksasa yang di sebut Great Zimbabwe.

 

PENAKLUKAN BENUA

Orang-orang Portugis merupakan bangsa Eropa pertama yang memetakan pantai Afrika. Pada tahun 1498, Vasco da Gama mencapai ujung sebelah selatan Afrika, yaitu tanjung harapan. Perjalanan ini membawanya pada penemuan rute perjalanan baru ke India. Orang Portugis jugalah yang mengekspor budak dari Afrika Barat, suatu bentuk perdagangan manusia yang berlangsung sampai abad-19.

 

PENGARUH EROPA

Belanda mengambil alih banyak pos-pos dagang portugis pada abad ke-17. Pada tahun 1652, Belanda mendirikan permukiman di Cape Town, yang kini menjadi bagian dari Negara Afrika Selatan. Pada akhir abad ke-19, hamper seluruh benua Afrika berada di bawah kekuasaan imperium-imperium bangsa Eropa.

 

KEMERDEKAAN

Pemerintahan colonial berlangsung sampai tahun 1950-an ketika daerah-daerah koloni mulai memperoleh kemerdekaannya. Pada permulaan tahun 1970-an, semua Negara telah merdeka. Namun, masalah ekonomi telah membawa ketidakstabilan di banyak Negara Afrika. Organization of African Unity (OAU), yang dibentuk pada tahu 1963, bertujuan untuk mempromosikan kerja sama ekoomi, politik, dan budaya bagi negara-negara di kawasan Afrika.

 

POLA HIDUP YANG KERAS

Dua pertiga dari Negara termiskin di dunia berada di Afrika. Sebagian besar penduduk Afrika bermukim di pedesaan dan bermata pencaharian sebagai petani. Kemiskinan, wabah penyakit, serta perang saudara merupakan penyebab utama banyak penduduk Afrika tidak mencapai usia dewasa. Tingkat harapan hidup penduduk di sierra Leone, Uganda, dan Malawi hanya mencapai rata-rata 45 tahun.

 

KOTA-KOTA YANG SIBUK

Meskipun sebagian besar penduduk Afrika bermukim di desa, benua ini juga memiliki beberapa kota besar. Kairo, ibukota Mesir, merupakan kota terbesar di Afrika dengan populasi penduduk kurang lebih 10 juta jiwa. Kota-kota penting lainnya berkembang di sekitar pelabuhan, seperti Cape Town di Afrika Selatan, Casablanca di Maroko, Algiers di Aljazair.

 

PERSAMAAN HAK

Salah satu peristiwa paling penting di dalam sejarah Afrika terjadi pada tahun 1994, yaitu ketika Afrika selatan menjadi Negara demokrasi di bawah kepemimpinan Nelson mandela. Peristiwa ini mengakhiri politik apartheid. Politik apartheid adalah kebijakan Negara yang membedakan penduduk berdasarkan ras. Ras kulit putih di tempatkan lebih tinggi dari ras lain. Sejak tahun 1948, kebijakan ini memberi kekuasaan kepada kaum kulit putih. Hak-hak dasar di bidang pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari golongan kulit berwarna lainnya diabaikan.


FAKTA KUNCI

  • Luas area : 30.306.000
  • Populasi : 762.000.000 jiwa
  • Jumlah Negara : 53
  • Negar terluas : Sudan (2.505.815)
  • Negara terkecil : Seychelles (455)
  • Puncak tertinggi : Gunung Klimanjaro (5.895
  • Danau terluas : danau Victoria (69.484 )
  • Sungai terpanjang : Sungai Nil (6.670 km )

 

  • Taman nasional chobe di Botswana merupakan rumah bagi kawanan gajah dan impala. Banyak Negara di Afrika menyediakan lahannya yang luas sebagai suaka margasatwa.

 

  • Suku Tuareg merupakan penduduk nomaden yang mendiami wilayah Gurun Sahara. Tampak mereka sedang berkelana melintasi gurun dengan menggunakan unta yang membawa barang seperti kurma dan garam.

 

  • Taman nasional korup di Kamerun merupakan salah satu kawasan hutan hujan lebat di Afrika.

 

  • Orang-orang Tahoua di Nigeria membangun pondok hunian dari bahan sederhana yang ada di sekitar lingkungan mereka. Rumah sangat sederhana ini umum dijumpai di wilayah sahel, sebuah daerah di tepi Gurun Sahara.

 

  • Suku Masai di Afrika Timur merupakan salah satu suku bangsa yang hidup di Afrika. Mereka hidup nomaden sebagai penggembala dan pemburu hewan liar.

 

  • Sekitar dua pertiga penduduk Afrika tinggal di pedesaan. Di beberapa wilayah, pasar-pasar dipenuhi dengan hasil panen, seperti buah-buahan segar. Namun, banyak wilayah lain terus dilanda kekeringan dan perang saudara. Ini membuat Afrika secara umum masih dikenal sebagai kawasan yang rawan pangan, kelaparan, dan kemiskinan di dunia.

 

  • Sepak bola telah banyak melambungkan nama Afrika di dunia internasional. El hadji Diouf, pemain sepak bola asal Senegal dikontrak klub sepakbola Liverpool, inggris, pada tahun 2002 dengan bayaran 10 juta pound.

 

  • Harare, ibukota Zimbabwe yang terletak di Afrika bagian selatan. Harare merupakan kota modern dengan gedung-gedung pencakar langit serta jalur transportasi darat yang tertata rapi.

Leave a comment

Refresh Security code