Afrika Selatan

Sebagian besar bentang lahan daratan ujung selatan benua Afrika yang ditempati Negara ini merupakan plato luas dengan ketinggian sekitar 1.200 m dpl.

Bentang lahan Afrika Selatan berupa daerah perbukitan tinggi dengan puncak yang datar dan dikelilingi oleh dataran rendah di sekitar pantai yang subur. Lebar dataran rendah bervariasi antara 55 sampai 240 km. pegunungan Drakensberg yang spektakuler naik sampai ketinggian 3.482 m. sungai Limpopo menandai banyak garis perbatasan Negara di bagian utara. Seluruh wilayah Negara kerajaan Lesotho yang bergunung-gunung dikelilingi oleh wilayah Afrika Selatan. Afrika selatan didominasi oleh iklim kering dan cerah. Suhu rata-rata sekitar 170C.

 

GURUN, PADANG RUMPUT, DAN SEMAK

Gurun Kalahari di utara membentang sampai ke wilayah Negara tetangga, Botswana. Sebagian besar dari plato tengah yang luas di tutupi oleh padang rumput kasar yang di sebut Highveld. Middleveld yang terletak di bagian barat-laut lebih cocok sebagian lahan peternakan daripada pertanian karena tanahya kurang subur, mudah terkena erosi, dan hanya memperoleh sedikit curah hujan.

 

KAYA SUMBER DAYA ALAM

Afrika Selatan sangat kaya sumber daya alam, terutama bahan mineral. Afrika Selatan merupakan pengekspor berlian terbesar di dunia, juga sebagai produsen terbesar dunia untuk emas, platinum, krom, dan mangaan. Negara ini memiliki banyak cadangan gas alam, batu bara, tembaga, besi, asbes, perak, nikel, dan uranium. Afrika Seltan merupakan Negara industri terbesar di Afrika dan menjadi salah satu Negara terkaya di dunia.

 

KEBIJAKAN APARTHEID

Dalam waktu lama, kekayaan sumber daya alam Afrika Selatan hanya dinikmati oleh golongan minoritas warga kulit putih. Ini disebabkan oleh kebijakan apartheid (pemisahan) yang diperkenalkan oleh pemerintah golongan kulit putih pada tahun 1950. Apartheid memisahkan kehidupan penduduk kulit hitam dari golongan kulit putih. Banyak hak-hak asasi warga kulit hitam tidak diakui. Selama puluhan tahun, jutaan warga kulit hitam, yang merupakan kelompok mayoritas , hidup dalam kemiskinan. Banyak Negara asing ikut menentang kebijakan politik ini. Bahkan Afrika Selatn dijatuhi embargo perdagangan.

 

POLITIK APARTHEID BERAKHIR

Setelah lama di tentang oleh banyak warganya dan masyarakat internasional, politik apartheid dicabut pada tahun 1990, yaitu pada masa pemerintahan presiden F.W.de Klerk. Pemilihan umum multiras yang pertama pada tahun 1994 menghasilkan kemenangna bagi partai kongres Nasional Afrika yang dipimpin oleh pejuang anti apartheid, Nelson Mandela. Pemerintahan mulai di pegang oleh kelompok mayoritas warga kulit hitam. Kini, pemerintahan demokratis terus berjuang mengatasi banyak masalah di Negara ini. Sekitar dua juta anak belum menikmati pendidikan, jutaan penduduk belum menikmati penerangan listrik dan air bersih, sepertiga populasi masih menganggur.

 

PEREBUTAN WILAYAH

Penduduk yang pertama menempati Afrika Selatan berasal dari etnik San dan khoi. Sejak sekitar 300 M, orang –orang yang berbahasa Bantu, seperti etni Zulu, Xhosa, Sesotho berpindah ke wilayah ini. Dari tahun 1652 orang-orang Inggris mengambil alih daerah pantai yang selama itu didiami oleh petani keturunan Belanda (orang Boer atau Afrikaner). Bangsa Boer atau Afrikaner melakukan perluasan pendudukan kedaerah pedalaman. Mereka mengklaim wilayah Transvaal dan Orange Free State sebagai wilayah mereka. Penemuan emas dan berlian di wilayah pendudukan kaum Afrikaner ini mengakibatkan terjadinya perang antara bangsa Boer dan Inggris. Orang-orang Afrikaner ditaklukkan pada 1902. Kemudian, pada 1910, Negara Afrika Selatan terbentuk.

 

RENCANA KE DEPAN

Komposisi populasi penduduk Afrika Selatan terdiri atas 77,4 persen warga kulit hitam, 12,2 persen warga kulit putih, dan 2,4 persen orang Asia. Karen didukung oleh Multi ras, kini pemerintah Afrika Selatan berupaya mengkampanyekan pembangunan ‘masyarakat pelangi’, yaitu masyarakat yang dapat hidup harmonis dalam kebersamaan walaupun memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda.


  • Luas : 1.219.912
  • Populasi : 43.647.658 jiwa
  • Ibukota : Pretoria
  • Bahasa resmi : bahasa lokal Afrika dan Inggris
  • Mata uang : Rand

 

  • Pegunungan Drakensberg memiliki tebing-tebing yang tajam dan panjang. Plato tengah ini membentang jauh hingga bertemu dengan dataran rendah pantai.

 

  • Cape Town merupakan kota utama di Afrika Selatan dan terletak di ujung Selatan Negara. Tampak Cape Town dengan latar belakang gunung Table.

 

  • Kebijakan politik apartheid telah memaksa penduduk kulit hitam tinggal di permukiman kumuh. Ini adalah Soweto, yang merupakan permukiman kulit hitam terbesar di Afrika Selatan.

 

  • Nelson Mandela adalah negarawan besar Afrika Selatan. Mandela memimpin partai kongres nasional Afrika memenangi pemilu pada tahun 1994, setelah sebelumnya lama mendekam dalam penjara (1964-1990) akibat aksinya sebagai penentang politik apartheid.

 

  • Salah satu suku utama di Afrika Selatan adalah etnik Zulu. Sekitar 7 juta penduduk suku Zulu bermukim di provinsi natal.

Leave a comment

Refresh Security code