Amerika Selatan

Menempati 12 persen daratan bumi, Amerika Selatan merupakan benua ke empat terbesar di dunia. Sekitar enam persen populasi penduduk dunia bediam di benua ini.

Amerika Selatan memiliki beragam bentang lahan. Disini terdapat pulau berbatu, yaitu Tierra del fuego (milik Argentina dan Cili) serta padang rumput luas di Argentina dan Venezuela. Selain itu Amerika Selatan juga memiliki pegunungan dan gunung api yang tertutup salju. Pegunungan Andes yang melintas sejauh 8.000 km di sepanjang pantai pasifik membentuk barisan pegunungan terpanjang di dunia. Aconcagua di Argentina merupakan puncak tertinggi di benua ini.

 

BASAH DAN KERING

Lembah sungai Amazon menampung separuh dari persediaan air tawar di dunia. Lembah ini menduduki dua per lima wilayah benua. Hutan hujan tropis terbesar di dunia juga terdapat di lembah sungai ini. Maka daerah ini juga bisa disebut paru-paru dunia. Quibdo di Kolombia adalah wilayah di Amerika Selatan yang memperoleh curah hujan tertinggi, yaitu rata-rata 8.900 mm per tahun.

 

BERAGAM IKLIM

Perbedaan iklim yang besar antar wilayah di kawasan ini disebabkan oleh perbedaan jarak suatu daerah dari khatulistiwa dan ketinggiannya dari permukaan laut. Danau Titicaca yang terletak diantara Bolivia dan Peru merupakan danau tertinggi di dunia, yaitu terletak 3.812 m diatas permukaan laut.

 

TRANSPORTASI

Pegunungan tinggi, hutan lebat, dan jarak yang jauh antara pusat-pusat permukiman membuat transportasi antar wilayah di kawasan ini sangat sulit dan memerlukan banyak biaya. Kota-kota besar yang terdapat di sepanjang pantai atau aliran sungai besar lebih mudah dijangkau karena dihubungkan oleh jalur transportasi air. Walaupun demikian, jalur penerbangan telah berkembang cepat sejak tahun 1950, terutama di Brazil yang memiliki lebih dari 1.000 bandar udara termasuk landasan terbang kecil.

 

SATWA UNIK

Keterasingan kawasan Amerika Selatan dari dunia luar telah menyebabkan banyak satwa di kawasan ini telah berhasil beradaptasi terhadap lingkungan khasnya. Dikawasan ini dapat dijumpai rhea (spesies burung yang tidak dapat terbang), capybara (hewan pengerat terbesar di dunia), dan Ilama. Satwa lainnya adalah Tapir, armadillo, macan tutul, burung kondor, iguana, antelop raksasa, kungkang pohon, vicuna, piranha, duyung, serta banyak spesies nuri dan kera.

 

TUMBUHAN DAN PRODUK

Dibanding kawasan lain di dunia, kawasan Amazon memiliki lebih banyak spesies tumbuhan besar. Paling kurang terdapat sekitar 2.500 jenis pohon serta ratusan spesies anggrek dapat dijumpai di kawasan Amazon hasil hutan terpenting dari Amerika Selatan adalah karet, kina, sisal, coklat, serta kayu seperti mahoni dan balsa.

 

BERAGAM KETURUNAN

Penduduk asli kawasan ini adalah orang Indian. Nenek moyang mereka diduga berasal dari Asia yang melakukan migrasi ke wilayah ini melalui wilayah Amerika Utara. Sejak tahun 1.500, pendatang Eropa, terutama dari Spanyol dan Portugis, tiba di kawasan ini. Perkawinan campur yang dilakukan oleh orang Eropa dengan penduduk lokal telah melahirkan keturunan campuran yang dikenal sebagai mestizo. Populasi terbesar penduduk Argentina adalah bangsa kulit putih, yaitu keturunan bangsa Italia, Jerman, atau Inggris. Di Brazil, terdapat banyak keturunan budak dari Afrika yang dibawa ke wilayah ini untuk bekerja di perkebunan tebu.

 

MASYARAKAT KINI

Satu dari tiga penduduk di Amerika Selatan berumur dibawah 15 tahun. Sekiatr tiga per empat populasi penduduk hidup di daerah perkotaan. Sao Paolo dan Rio de Jeneiro di Brazil serta Buenos Aires di Argentina merupakan tiga kota terbesar di Amerika Selatan. Kemiskinan terjadi karena kurangnya lapangan kerja. Daerah-daerah pedesaan umumnya memiliki standart hidup yang rendah. Untuk itu, pemerintah giat melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di wiliayah pedesaan agar perpindahan penduduk menuju kota yang sudah terlalu padat dapat di cegah.

 

OLAHRAGA DAN KESENANGAN

Sepak bola memiliki pendukung yang fanatic di seluruh benua ini. Kebudayaan Amerika Selatan telah menghasilkan banyak bentuk music dan tarian popular, seperti samba dan tango. Pesta warna-warni (festival) diadakan pada hari-hari raya nasional atau keagamaan.

 

SUMBER DAYA MINERAL

Sejak permukiman pertama orang Eropa dimulai, Amerika Selatan telah berkembang menjadi pemasok bahan-bahan mentah. Komoditas ekspor utama adalah emas dan perak serta kayu, gula, kopi, dan karet. Selain itu, Amerika Selatan menjadi benua pemasok daging, gandum, dan wol sejak jalur kereta api serta kapal-kapal uap mulai dibuka. Ekspor mineral digunakan untuk membayar impor atas barng-barang manufaktur, selain untuk memordenisasisektor pertambangan dengan teknologi tinggi serta menciptakan lapangan kerja baru.

 

INDUSTRIALISASI

Brazil adalah Negara industri terbesar di Amerika Selatan yang memproduksi kendaraan, pesawat terbang ringan, televisi, dan beragam mesin yang dikirim ke benua lain. Kelangkaan modal dan tenaga ahli telah menghambat laju industri di beberapa Negara di kawasan ini. Kini, sebagian besar pabrik industri memproduksi bahan-bahan kebutuhan dasar untuk memenuhi kebutuhan lokal sehingga produk impor dapat dikurangi.

 

BARU VERSUS LAMA

Brazil dan Argentina memiliki lahan perkebunan dan peternakan yang sangat luas. Pembabatan hutan secara besar-besaran berakibat pada masalah lingkungan, seperti kerusakan pola hidup tradisional dari banyak suku yang mendiami kawasan ini. Perikanan lepas pantai adalah industri utama bagi Negara Cili dan Peru.

 

KEDATANGAN BANGSA EROPA

Selama tahun 1400-an, suku bangsa Inca membangun kekaisaran besar di kawasan pegunungan Andes. Pada awal tahun 1500-an, pendatang-pendatang Eropa dari Spanyol dan Portugis memperbudak dan membunuh banyak orang Indian keran ingin merebut kekayaan emas dan perak. Para misionaris memperkenalkan agam Kristen untuk menggantikan aliran kepercayaan tradisional.

 

KEMERDEKAAN

Revolusi-revolusi yang terjadi pada awal 1800-an telah membawa kemerdekaan di kawasan ini. Figure pemimpin revolusi terpenting adalah Simon Bolivar dan Jose de San Martin. Koloni-koloni spanyol lalu langsung menjadi Negara-negara berbentuk republic. Pengaruh Eropa atas kawasan ini selama berabad-abad dapat dilihat dari kota-kota tua yang berisi banyak bangunan dengan pola arsitektur gaya spanyol.

 

KEKUASAAN MILITER

Bnyak Negara di Amerika Selatan pernah diperintah oleh dictator. Biasanya, pemerintah seperti ini didukung oleh kalangan militer. Pergantian pemerintahan dengan cara revolusi sering terjadi. Sejak tahun 1980-an, pemerintah sipil telah dilaksanakan di Negara seperti Argentina, Brazil, dan Chile.

 

FAKTA KUNCI

  • Luas : 17.819.000
  • Populasi : 336.000.000 jiwa
  • Jumlah Negara : 12
  • Negara terbesar : Brazil
  • Negara terkecil : Guyana prancis (90.000 )
  • Titik tertinggi : Aconcagua (6.959 m)
  • Danau terbesar : danau Maracaibo (13.512 )
  • Sungai terpanjang : Amazon (6.437 km)

 

  • Air terjun angle (979 m) di Venezuela adalah air terjun tertinggi di dunia.

 

  • Ilama berkelana mencari makan di daerah pegunungan Andes di Bolivia. Binatang ini dipelihara untuk diambil wol dan dagingnya, serta digunakan sebagai binatang penarik beban.

 

  • Tampak dari gunung api Illiniza adalah Cotopaxi (5.897 m) yang merupakan gunung api aktif tertinggi di Amerika Selatan.

 

  • Penyu raksasa merupakan salah satu satwa langka yang ada di kepulauan Galapagos (berjarak sekitar 960 km dilepas pantai Ekuador.

 

  • Jalur transportasi darat pan-American yang melintasi Gurun Atacama menghubungkan banyak Negara di Amerika Utara.

 

  • Tebu (untuk dioalah menjadi gula) yang ditanam di daerah dekat pantai merupakan hasil pertanian terpenting di Guyana.

 

  • Populasi suku Indian dalam jumlah cukup besar dapat ditemukan di Bolivia. Mereka sering mengenakan pakaian tradisional, terutama pada saat berlangsungnya suatu festival. Panpipe merupakan salah satu alat music tiup suku Indian.

 

  • Brazil adalah produsen kopi terbesar ketiga di dunia. Sebelum diolah, kopi harus dicuci agar kulitnya lepas.

 

  • Bolivia kaya dengan mineral timah. Penduduk desa melakukan penambangan tradisional untuk mencari biji timah.
  • Asuncion, ibukota Paraguay, dibangun oleh bangsa spanyol yang tiba di negeri ini pada tahun 1500-an. Spanyol menduduki wilayah ini selama 300 tahun.

 

  • Ariane IV merupakan salah satu dari sejumlah roket yang diluncurkan dari pusat Antariksa Kouru di Guyana Prancis.

 

ARCA

Sekitar 300 arca batu telah ditemukan di perbukitan dekat San Agustin, Kolombia. Arca-arca tersebut berusia sekitar 1000 tahun dan ditemukan di kubura-kuburan purba. Kolombia merupakan wilayah pertama yang banyak dihuni penduduk asli, ada yang menghuni hutan lebat, ada pula yang menghuni dataran terbuka.

Leave a comment

Refresh Security code