Amerika Tengah

Amerika tengah mencakup kawasan di antara Amerika Utara dan Amerika Selatan. Belize, Guatemala, Kosta Rika, El Salvador, Honduras, Nikaragua, dan Panama ada di kawasan ini.

Kemiskinan, ketidakstabilan politik, dan perang saudara telah menghantui kawasan Amerika tengah dalam 100 tahun terakhir. Tujuan Negara yang termasuk dalam wilayah ini kaya akan sumber daya alam.pertumbuhan tenaga kerja di sector pariwisata mengalami peningkatan. Akan tetapi, sekitar 40 persen penduduk di kawasan ini hidup dari sector pertanian dengan pendapatan hanya cukup untuk dapat bertahan hidup.

 

LAHAN DAN IKLIM

Sungai dan pegunungan silang-menyilang melintas wilayah ini. Hutan, dataran rendah, dan raw-rawa menandai bentang lahan pantai Amerika Tengah. Iklim wilayah ini panas dan basah dengan suhu udara jarang turun sampai C. wilayah daratan sepanjang pantai mengalami suhu tertinggi, sedangkan area yang lebih dingin dapat ditemukan di daerah pegunungan dan plato yang ada di pedalaman.

 

HUTAN YANG TERANCAM PUNAH

Hutan di Amerika Tengah termasuk dalam kelompok hutan terkaya di dunia. Pohon-pohon berkayu keras bernilai tinggi, seperti mahoni, banyak dijumpai di hutan wilayah ini. Di banyak tempat, seperti di Kosta Rika makin banyak hutan ditebang untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri perkayuan. Macan tutul, monyet, ular, cayman (seperti aligator kecil), iguana, banyak spesies burung, dan kupu-kupu serta aneka serangga lain terancam akibat deforestasi.

 

KEHIDUPAN PERTANIAN

Mayoritas penduduk Amerika Tengah adalah petani. Sapi dan domba diternakkan di daerah datarn tinggi. Hasil perkebunan seperti pisang, gula tebu, kapas dan kopi diekspor. Chicle yang dikumpulkan dari pohon sapodilla digunakan sebagai bahan baku permen karet, sedangkan hasil pertanian berupa biji kakao dioalh menjadi cokelat, maizena dan kacang-kacangan ditanam untuk memenuhi kebutuhan pangan.

 

PERTUMBUHAN INDUSTRI

Migrasi penduduk ke kota-kota di Amerika Tengah terus meningkat. Namun, lapangan pekerjaan tetap langka karena industri masih terbatas pada industri kecil yang membuat pakaian, peraltan rumah tangga, dan sepatu. Hasil kerajinan ini dijual kepada para wisatawan.

 

PENDUDUK DAN BAHASA

Sebagian besar penduduk Amerika Tengah merupakan keturunan campuran antara orang Eropa dan Indian. Pada tahun 1500-an, pasukan Spanyol dan para pencari emas menaklukkan wilayah ini. Pemukim awal dari Eropa datang dengan membawa budak Afrika yang keturunannya kini masih ditemukan di Nikaragua, Belize, dan Panama. Bahasa spanyol di pakai di seluruh wilayah, meskipun bahasa Inggris menjadi bahasa resmi di Belize.

 

NEGARA-NEGARA MERDEKA

Honduras, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, dan Nikaragua memperoleh kemerdekaannya dari spanyol pada tahun 1800-an. Panama terpisah dari Colombia pada 1903, sedangkan Belize menjadi koloni Inggris sampai tahun 1981. Pada tahun 1960-an, Pasar Bersama Amerika Tengah (Central American Ccommon Market) di bentuk untuk menciptakan persatuan di antara semua Negara dalam wilayah ini.

 

  • Candi suku maya, Altun ha, terletak jauh di pedalaman hutan hujan Belize, ratusan istana dan Piramida dari peradaban suku maya yang dibangun antara 300 SM sampai 900 SM dapat ditemukan di Amerika Tengah.

 

  • Sebagian besar penduduk Amerika Tengah beragama Katolik Roma, namun, festival-fesival religius yang sering diadakan masih tetepa bercorak tradisional. Di Guetamala, contohnya, perayaan Hari Raya Orang Kudus pada 1November di meriahkan dengan lomba pacuan kuda.

 

  • Terusan Panama yang dibuka pada tahun 1914 merupakan jalur pelayaran penting yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan di kawasan Atlantik dengan pelabuhan-pelabuhan di Pasifik.

 

  • Banyak komunitas suku Indian dapat dijumpai di Guatemala. Masing-masing suku memiliki corak pakaian tradisional dengan warna-warna terang.

 

  • Banyak wanita Guatemala yang tinggal di pedesaan memintal kain tradisional untuk dijual kepada wisatawan.

 


  • BELIZE

Luas : 22.966

Populasi : 262.999 jiwa

Ibukota : Belmopan

Bahasa resmi : Inggris, spanyol

Mata uang : Dolar Belize

 

  • KOSTA RIKA

Luas : 51.100

Populasi : 3.834.934 jiwa

Ibukota : San Jose

Bahasa resmi : Spanyol

Mata uang : Colon

 

  • EL SAVADOR

Luas : 21.041

Populasi : 635.3681 jiwa

Ibukota : San Salvador

Bahasa resmi : Spanyol

Mata uang : Colon

 

  • GUATEMALA

Luas : 108.889

Populasi : 13.314.079 jiwa

Ibukota : Guatemala City

Bahasa resmi : Spanyol

Mata uang : Quetzal

 

  • HONDURAS

Luas : 112.008

Populasi : 6.560.608 jiwa

Ibukota : Managua

Bahasa resmi : Spanyol

Mata uang : Cold Cordoba

 

  • PANAMA

Luas : 78.200

Populasi : 2.882.329 jiwa

Ibukota : Panama City

Bahasa resmi : Spanyol

Mata uang : Balboa

Leave a comment

Refresh Security code