Agama

Agama berhubungan dengan kepercayaan akan tuhan atau dewa-dewa. Sebuah agama memiliki upacara ibadat, tempat suci, dan menyarankan cara hidup tertentu.

Ada banyak agama. Para penganut agama yang berbeda-beda menyebar di berbagai belahan bumi. Kebanyakan agam mengajarkan penganutnya untuk hidup baik dan berlaku sesuai aturan tertentu.

 

DEWA DEWA

Dewa dewa dianggap jauh lebih unggul daripada manusia karena memiliki kekuatan yang menakjubkan. Orang Yunanai kuno memiliki ratusan dewa. Setiap materi seperti laut, angin, atau cinta memiliki dewa. Kumpulan dewa dikenal sebagai pantheon. Banyak orang, seperti bangsa Viking dan Mesir kuno memiliki satu pantheon dewa dewa

 

WAHYU

Beberapa agama didasarkan pada wahyu, yaitu pemberian pengetahuan suci dari tuhan atau dewa kepada manusia. Agama Islam didasari oleh wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad di tanah Arab hampir 1.400 tahun yang lalu.

 

IMAM DAN KUIL

Banyak agama memiliki pendeta atau imam yang menekuni pengajaran suci dan memastikan upacara keagamaan berjalan dengan benar. Pemeluk agama juga menghormati tempat-tempat suci. Bangsa Mesir kuno mendirikan kuil besar yang dianggap sebagai rumah dewa. Banyak warga menyumbang dana untuk pembuatan rumah ibadah. Sementara itu orang Aborigin di Australia percaya bahwa pada tempat-tempat tertentu tidak boleh didirikan bangunan karena tempat itu dihuni oleh roh-roh halus.

 

KOMUNITAS SUCI

Tidak jarang kita menjumpai bahwa para pemeluk agama yang sama membentuk komunitas khusus dan memperlakukan penganut agama lain sebagai orang asing. Ada juga komunitas yang dibentuk untuk tujuan tertentu, seperti untuk mendalami agama mereka jauh dari keramaian. Komunitas seperti itu diantaranya ditemukan di biara-biara Kristen dan Budha.

 

BERBICARA KEPADA DEWA

Orang Yunani kuno percaya bahwa kuil oracle di Delphi yang dipersembahkan untuk dewa matahari.apollo dapat meramal masa depan. Ketua para pendeta memberikan jawaban atas pertanyaan dalam keadaan tidak sadar. Walaupun jawaban yang diperoleh biasa membingungkan, pemerintah pada waktu itu sering berkonsultasi ke kuil oracle. Dengan mengenakan pakaian tradisional warna-warni, penduduk Papua Nugini ini sedang menari dalam rangkaian ibadat agama tradisional mereka.


 

  • Zoroaster (600 SM) percaya bahwa dunia diperebutkan antara dewa baik dan dewa jahat.

 

  • Siddartha Gautama (500 SM) yang mendapatkan pencerahan mendirikan ajaran Buddha.

 

  • Konfusius (551-479 SM) membuat serangkaian pedoman hidup yang dikenal sebagai ajaran konfusius.

 

  • Yesus kristus (4 SM – 30 M) mengajarkan agama Kristen.

 

  • Abu Bakar (573-634) memimpin agama islam setelah wafatnya Nabi Muhammad.

Leave a comment

Refresh Security code