Air

Air termasuk zat yang paling banayak dijumpai di bumi. Air merupakan unsur pokok dalam seluruh organisme yang hidup. Tanpa air, kehidupan di bumi tidak mungkin ada.

Air ditemukan secara alami dalam tiga bentuk, yaitu padat (beku menjadi es), cair (air) dan gas (uap air di udara). Air dapat melarutkan lebih banyak zat dibandingkan zat cair lainnya. Kekuatan air telah membantu membentuk bentang lahan gunung, lembah, garis pantai, dan daratan.

 

ZAT ALAM

Air menyelimuti 70 persen permukaan bumi yaitu lebih 1,4 miliar . Namun, hanya sebagian kecil air digunakan oleh manusia. Hampir 97 persen air di dunia merupakan air laut, yang mengandung 35 kg garam mineral dalam setiap 1.000 kg air. Air laut delapan kali lebih asin daripada air tawar yang biasa diminum atau yang dipakai untuk menyiram tanaman. Hanya tiga persen di dunia yang dapat disebut air tawar. Tiga perempat di antaranya ditemukan dalam bentuk lapisan es dan gletser di kutub atau di puncak-puncak gunung tertinggi.

 

AIR UNTUK KEHIDUPAN

Kehidupan bermula di laut 3,5 miliar tahun yang lalu dan sampai kini air masih menjadi kebutuhan pokok bagi segala bentuk kehidupan. Dua pertiga tubuh manusia tersusun dari air. Seseorang membutuhkan 2,5 liter air perhari untuk bertahan hidup. Di barat, setiap hari, seseorang menggunakan sekitar 250 liter untuk mandi, ke toilet, dan mencuci pakaian. Mereka juga memakai air dalam jumlah banyak untuk keperluan industri dan pertanian.dibutuhkan 400 liter air untuk menumbuhkan gandum yang cukup untuk menghasilkan sepotong roti, dan 270 ton air untuk menghasilkan satu ton baja.

 

MEMBENTUK DARATAN

Air merupakan kekuatan terpenting dalam pembentukan bentang alam. Sungai dan gletser membentuk lembah, meratakan gunung, dan membawa batuan, pasir, lumpur, serta tanah liat menuju dataran rendah, dan pada akhirnya menuju laut.

 

FAKTA TENTANG AIR

  • Rata-rata seseorang minum lebih dari 60.000 liter air selama masa hidupnya.
  • Seseorang akan mati jika kehilangan lebih dari 20 persen cairan dalam tubuhnya.
  • Dibutuhkan 10.000 liter air untuk menyiram toilet ; 140 liter untuk mengisi bak mandi ; hampir 40 liter untuk mencuci piring ; 120 liter untuk menjalankan mesin cuci otomatis.
  • Tempat paling basah di bumi ialah cherrapunji di India, dengan rata-rata curah hujan tahunan sekitar 10.820 mm.

 

SIKLUS AIR

Air mengalami proses daur ulang terus menerus. Ketika matahari memanasi permukaan bumi, air menguap menuju atmosfer. Lebih dari 80 persen uap ini berasal dari laut. Sisanya antar lain berasal dari tanaman yang melepasakan uap air (tranpirasi). Uap air di atmosfer mendingin, kemudian mengembun untuk berubah menjadi awan. Sebagian dari air ini jatuh lagi sebagai hujan.

  • Tiga perempat dari air tawar di duia membeku dalam bentuk gletser dan lapisan es kutub.
  • 77 persen dari tiga persen air di dunia yang tidak berada di laut di temukan dalam bentuk es dan gletser.

Leave a comment

Refresh Security code