Alam Semesta

Alam semesta terdiri atas bintang, planet, dan zat lainnya yang menyebar di antariksa. Alam semesta dapat berisi sampai 100 miliar galaksi.terdapat sekitar 100 miliar bintang dalam setiap galaksi.

Kebanyakan ilmuwan percaya bahwa alam semesta berasal dari ledakan yang sangat besar yang disebut dengan big bang (ledakan besar) yang terjadi 15 miliar tahun yang lalu. Selama peristiwa ini, seluruh zat dan energi terbentuk dalam waktu kurang dari satu detik di dalam sebuah wilayah yang lebih kecil daripada ukuran sebuah anggur. Semenjak big bang tersebut terjadi, alam semesta telah meluas ke antariksa.

 

MELIHAT KE MASA LALU

Sebuah galaksi yang berjarak lima miliar tahun cahaya terlihat oleh ahli astronomi seperti berumur lima miliar tahun yang lalu. Oleh karena itu, melihat objek yang sangat terpencil memberikan kita jalan untuk melihat alam semesta ketika objek tersebut lebih muda di banding sekarang. Pada jarak yang lebih jauh dan waktu yang lebih awal, aj=hli astronomi dapat mendeteksi gelombang radio yang samar-samar, yang datang dari seluruh bagian angkasa.

 

MISTERI ALAM SEMESTA

Para ilmuwan bertanya : apakah lam semesta terus meluas selamanya atau pada akhirnya menyusut dan berakhir dalam big crunch (remukan dahsyat). Proyek penjelajahan antariksa mengirim misi ke planet lain antar lain di maksutkan untuk mencari air yang merupakan bahan utama pendukung kehidupan.

 

SEJARAH ALAM SEMESTA

Waktu setelah big bang kejadian

Menit ke-0 : Waktu,antariksa dan energi tercipta

Menit ke-3 : Alam semesta terdiri dari 90% hydrogen dan 10% helium

300.000 tahun : Atom terbentuk

1 miliar tahun : Galaksi pertama muncul

15 miliar tahun : Waktu sekarang

 

NASA mengirim diagram manusia keangkasa agar diagram tersebut dapat ditemukan oleh kehidupan berintelegensi lainnya di alam semesta. Lonceng bulat menggambarkan atom hydrogen.

Leave a comment

Refresh Security code