Angin

Angin merupakan pergerakan udara di atas permukaan bumi, mulai dari angina sepoi-sepoi basah musim panas yang lembut sampai badai atau tornado yang berkekuatan merusak.

Angin merupakan pergerakan udara dari daerah bertekanan udar tinggi ke daerah bertekenan rendah. Angin diberi nama sesuai dengan arah sumbernya bertiup. Angin Utara adalah angina yang bertiup dari utara.

UDARA PANAS DAN DINGIN

Sistem angin utama global seperti angina pasat dan angina timur disebabkan oleh efek pemanasan matahari. Di dekat khatulistiwa, matahari hampir di atas kepala, sehingga tanah, laut dan udara mendapatkan panas yang maksimal. Udara yang hangat cenderung naik (persis sperti balon udara panas yang mengudara). Udara yang lebih dingin dan lebih berat jatuh dari khatulistiwa, sehingg menghasilkan wilayah bertekanan udara tinggi.

ANGIN LOKAL

Angin lokal muncul dari kombinasi pola cuaca dan bentuk daratan. Daratan lebih cepat panas atau dingin daripada perairan. Pada malam hari, daratan cepat mendingin, udara di atas turun dan menyebar sehingga menghasilkan angin pantai yang sepoi-sepoi. Pada malam hari, udara yang dingin dan berat menyelubungi lereng gunung dan lembah, kemudian keluar melewati dataran rendah sekitar.

ANGIN PUYUH ATAU ANGIN RIBUT

Angin puyuh merupakan sistem angina rebut yang berputar dan terbentuk di atas laut tropis yang hangat. Angin puyuh dapat melintas sejauh 1.000 km, dengan dinding melingkar awan badai yang menjulang hingga 16 km di udara. Angin di balik balutan awan itu dapat mencapai kecepatan 300 km/jam. Angin rebut biasanya bergerak melintasi lautan pada kecepatan sekitar 25 km/jam. Ketika mencapai daratan, angin puyuh dapat menimbulkan kerusakan hebat.


  • Matahari paling panas di daerah tropis karena tempatnya tepat di atas kepala. Lebih dekat ke kutub, sinar matahari lebih menyebar dan karena itu lebih lemah.

 

  • Angin merupakan pergerakan udara dari wilayah bertekanan tinggi (T) ke wilayah bertekanan rendah (R). kondisi ini menciptakan 6 arah utama aliran udara yang melintasi bola dunia.

 

  • Angin puyuh terbentuk pada akhir musim panas dan musim gugur di wilayah hangat laut Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Angin tersebut bergerak ke barat sepanjang kawasan pesisir pantai.

Leave a comment

Refresh Security code