Antartika

Antartika merupakan benua terbesar kelima di dunia. Benua ini mengelilingi kawasan kutub selatan. Sekitar 98 persen wilayah benua ini di tutupi lapisan es yang tebal.

Bentang lahan antartika berupa pegunungan dan daerah berbatu yang tandus. Bersama lapisan dengan ketebalan lapisan es, Antartika menjadi benua yang letaknya paling tinggi dari permukaan laut. Hembusan angin sangat tinggi di benua ini. Stasiun ilmiah vostok pernah mecatat suhu - C di kawasan ini yang sekaligus menjadi suhu udara terdingin di dunia.

 

GUNUNG API DAN PEGUNUNGAN ES

Rangkaian pegunungan melintas kawasan padang es ini. Pada sisi sebelah timur, di dekat pantai, lapisan es mencapai ketebalan 4.800 meter. Ross Island, di sebelah barat, memiliki gunung api, yaitu, Gunung Erebus. Es yang mengalir turun lalu menyebar ke arah pantai di sebut gletser. Gletser menciptakan lapisan-lapisan es raksasa.

 

CIRI KHAS

Benua ini hanya dihuni oleh sedikit makhluk hidup. Bahkan, pada saat musim panas pun, hampir sebagian besar wilayahnya ditutupi lapisan es. Binatang, terutama yang hidup di air atau laut, memiliki kulit dan bulu yang tebal berlemak (blubber) untuk menjaga tubuh tetap hangat.

 

STASIUN PENELITIAN DI ATAS ES

Kini, populasi penduduk Antartika mencapai 10.000 ilmuwan dari 18 negara. Para ilmuwan itu berasal dari beragam bidang penelitian, seperti bidang mikrobiologi. Namun, semuanya harus tetap mengikuti perjanjian Antartika, perjanjian ini menyangkut pelarangan penambangan beragam sumber daya alam mineral berharga yang berada di bawah lapisan es serta mencegah kegiatan militer dan industri di benua ini.

 

FAKTA KUNCI

  • Luas wilayah : 14.000.000
  • Populasi : tidak ada penduduk tetap
  • Jumlah Negara : tidak ada, meski beberapa Negara mengklaim beberapa bagian dari benua ini.
  • Titik tertinggi : Vinson massif (4.897 m)
  • Letak di kutub selatan : 1.235 km dari garis pantai terdekat,

  • Penjelajah asal Norwegia, Roald Amundsen adalah orang pertama yang mencapai kutub selatan pada 14 Desember 1911.

 

  • Dua penguin emperor dengan anaknya. Untuk bertahan dari musim dingin, penguin jenis ini memiliki bulu yang sangat lebat dan cadangan lemak yang banyak.

 

  • Gunung es terbentuk dari lapisan es yang mengelilingi Antartika. Lapisan es ini terbentuk selama ribuan tahun.

Leave a comment

Refresh Security code