Arkeologi

Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari peninggalan masa lalu, seperti bangunan dan benda-benda kuno lainnya. Peninggalan tersebut biasanya ditemukan terkubur di dalam tanah tenggelam di dasar laut.

Dengan mempelajari benda-benda dari masa lampau, seperti bangunan, keramik, senjata, dan tulang-tulang, arkeolog dapat mempelajari peradaban yang telah punah. Arkeologi dapat membawa kita kembali ke zaman sebelum orang mengenal tulisan, yaitu lebih dari 5.000 tahun yang lalu.

 

PETUNJUK KE MASA LAMPAU

Penentuan lokasi penggalian biasanya dimulai dari petunjuk kecil, seperti mata uang atau potongan barang pecah belah. Kini, para arkeolog bekerja lebih baik lagi. Mereka merekam lokasi penggalian sebelum digali. Untuk menyingkap adanya benda kuno di bawah tanah, para arkeolog juga menggunakan pemotretan dari udara dan peralatan radar.

 

MENYELEKSI TEMUAN

Benda temuan lalu diseleksi berdasarkan jenis dan usia. Penentuan usia untuk benda-benda yang berusia hingga 50.000 tahun menggunakan teknik yang disebut radiocarbon. Alat tersebut mengukur kadar karbon sebuah benda. Pengujian atas tulang-belulang dapat mengungkap penyakit yang di derita manusia.

 

KOTA YANG HILANG

Situs purbakala dapat berup Gua kecil atau seluas sebuah kota. Namun, banyak situs purbakala ditemukan secara kebetulan. Reruntuhan bangunan dari peradaban lembah Indus di Asia yang hancur sekitar tahun 1700 SM, ditemukan secar kebetulan pada tahun 1920-an oleh para pekerja rel kereta api.

 

ANEKA FAKTA

  • Penelitian atas benih atau tepung pada masa lalu dapat mengungkap jenis makanan dan tanaman pertanian pada masa itu.
  • Kerangka manusia ditemukan di sudut keempat tangga raksasa yang membentuk piramida matahari dekat Mexico City.
  • Penemuan paling terkenal dalam Arkeologi ialah makam raja Tutankhamun di Mesir ; ditemukan oleh Howard Carter pada tahun 1922.

 

  • Mumi mesir dari tahun 600 SM. Jenazah yang diawetkan ini menyingkap banyak hal tentang kehidupan manusia purba

 

  • Jambangan orang Minoa dari tahun 1500 SM ditemukan di pulau kreta. Adanya keragaman gaya atau pola dalam seni dan keramik memungkinkan Arkeolog dapat mengindektifikasi beragam komunitas manusia dari masa silam.

 

MAKAM TENTARA CINA

Pada tahun 1974, ribuan patung tentara seukuran maanusia yang terbuat dari tanah liat ditemukan di dekat makam Shi Huangdi, penguasa pertama Dinasti Qin di Cina yang wafat pada tahun 210 SM. Patung-patung tersebut merupakan bagian dari kompleks makam raksasa yang dibangun untuk ‘melindungi’ sang penguasa di alam baka

Leave a comment

Refresh Security code