Atom dan Molekul

Atom merupakan unsur pembentuk dasar segala sesuatu yang ada di sekitar kita, mulai dari tumbuhan dan hewan sampai planet dan binatang. Sebuah molekul terdiri atas satu atau lebih atom yang saling berhubungan.

Setiap substansi di alam ini terbentuk dari atom-atom. Atom adalah bagian terkecil dari setiap substansi yang dapat berdiri sendiri. Atom memiliki diameter sepersepuluh miliar meter. Tanda titik pada akhir kalimat ini terdiri atas miliaran atom.

RUANG HAMPA

Sebagian besar atom terdiri atas ruang hampa yang di tengahnya terdapat inti yang sangat kecil. Jika ukuran sebuah atom disamakan dengan luas sebuah gawang, maka inti atom tidak lebih besar dari sebutir merica.

INTI ATOM

Inti atom adalah bagian yang paling padat dan biasanya terdiri atas bagian yang lebih kecil dengan ukuran yang sama, yakni proton dan neutron. Electron adalah partikel subatom yang lebih ringan yang berputar-putar mengelilingi inti atom dengan arah yang berbeda-beda dengan kecepatan setara dengan kecepatan cahaya.

SENYAWA

Beberapa substansi terdiri atas molekul-molekul yang dibentuk dari satu tipe atom. Substansi seperti ini disebut unsur. Akan tetapi, ketika atom dengan tipe yang berbeda bersatudan membentuk molekul, mereka membentuk senyawa.

PADAT, CAIR, ATAU GAS

Air berbentuk cairan karena molekul-molekulnya dapat bergerak (mengalir). Molekul-molekul benda padat, seperti kayu, terikat satu sama lain dengan pola yang berbeda-beda. Molekul gas berterbangan secara acak dan mengisi ruang-ruang yang kosong.

BAGIAN DALAM ATOM

Inti setiap atom terdiri dari partikel-partikel yang disebut proton dan netron (kecuali atom hydrogen yang tidak memiliki neutron). Partikel-partikel lain yang disebut electron yang bergerak cepat secara tidak teratur disekelilingi inti atom. Electron dapat bergerak miliaran kali dalam sepersejuta detik.

ANEKA FAKTA

  • Kata ‘atom’ berasal dari bahasa Yunani ‘atomos’ yang berarti tidak terpotong.
  • Setitik kecil debu, yang masih kasat mata, memiliki triliun atom.
  • Atom yang paling ringan adalah hydrogen. Atom yang secara alami terberat ialah uranium yang beratnya 238 kali massa (berat) hydrogen.

 

Polimer adalah senyawa dengan molekul-molekul besar yang terbentuk dari ribuan molekul lebih kecil yang terjalin membentuk rantai panjang. Karet dan plastic merupakan contoh polimer.

 

 

Kristal-kristal membentuk pola biasa karena atomnya tersusun dalam pola tertentu.

 

 

Ujung pensil wujudnya lunak karena atom-atomnya meluncur dengan mudah di atas atom lainnya.

 

 

Intan sangat keras karena atom-atomnya memiliki kerangka yang padat.

 

 

DNA adalah dasar kehidupan yang terdiri atas dua jaringan ,molekul yang saling terjalin.

Leave a comment

Refresh Security code