Biji dan Penyerbukan

Biji adalah bibit atau benih yang dihasilkan tumbuhan berbunga untuk bereproduksi dan melestarikan jenisnya. Peneyerbukan terjadi sebelum biji berbentuk.

Biji terdiri atas tumbuhan baru yang sangat kecil(disebut embrio) dan persediaan makanan. Semuanya diselubungi oleh lapisan perlindungan yang kuat. Beberapa bijih dapat berada dalam keadaan istirahat selama lebih dari 100 tahun sebelum tumbuh menjadi tumbuhan baru. Agar biji terbentuk, serbuk sari (sel jantan) dari satu tumbuhan harus membuahi sel telur (sel betina) tumbuhan lain.

PENYERBUKAN

Beberapa tumbuhan, seperti rumput dan pohon, bergantung pada angin untuk meniup serbuk sari sehingga terjadi pembuahan. Tumbuhan lain mempunyai bunga yang besar dengan warna yang terang, bau wangi-wangian, dan madu, untuk menarik binatang penyerbuk seperti serangga, kelelawar, dan burung.

PERKECAMBAHAN

Bijih harus mendapat kelembapan, kehangatan, dan oksigen yang memadai agar dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Proses ini disebut perkecambahan. Karena lingkungannya mendukung, biji mampu menyerap air sehingga dapat berkecambah. Embrio mulai tumbuh. Akar mendorong embrio sehingga membuka pelindung biji. Daun bibit (kotiloden) dan tunas menyusul tumbuh dengan segera.

BIJI SEBAGAI MAKANAN

Tepung yang terkandung dalam biji merupakan persediaan makanan bagi tumbuhan muda. Kandungan tepung yang sama membuat biji telah digunakan manusia sebagai sumber makanan. Biji gandum, barley, jagung, dan padi telah berabad-abad atau digiling menjadi tepung sebagai bahan baku roti dan pasta.


PENYEBARAN BIJI

Ada beragam cara penyebaran biji tumbuhan. Biji padi dan buah beri dimakan oleh tikus atau binatang lainnya. Kepala bunga tumbuhan, seperti widuri, menempel pada bulu binatang. Kemudian, kotoran tikus memindahkan biji ke tempat lain, kepala bunga jatuh di sepanjang jalan. Biji dandelion mempunyai lempeng yang halus dan biji opium sangat kecil dan ringan sehingga diterbangkan angin.

Biji gandum adalah biji yang terbuat dari zat tepung yang ditutupi oleh kulit.

 

Ketika jatuh ke tanah, biji akan menumbuhkan akar Karena memperoleh nutrisi dari persediaan makanan yang dikandungnya.

 

Tanah menyediakan nutrisi tambahan sehingga benih dapat tumbuh dengan normal.

 

Buah biji (drupe) seperti persik mempunyai biji besar yang berisi bibit.

 

Kelapa adalah biji yang sangat besar dengan daging dan air yang dapat dikonsumsi.

 

 

Acorn adalah buah pohon ek. Mangkuk kayunya berisi kacang yang keras dan halus.

 

Biji pohon ash mempunyai sayap seperti kertas sehingga muda diterbangkan angin.

 

Buah apel mempunyai beberapa biji di bagian tengah daging.

Leave a comment

Refresh Security code